Rabu, 12 Juni 2013

cara mudah belajar sharing documen dan folder pada google docs


lanjut kita membahas cloud computing lagi. salah satu cloud computing yang terkenal yaitu Google Docs. layanan yang free ini di cetuskan oleh google sebagai salah satu fasilitas yang di tawarkan untuk pengguna akun Gmail. fasilitas yang di tawarkan merupakan varian dari beberapa aplikasi office, seperti pengolah kata (document), pengolahan lembar kerja (spreadsheet), presentasi (presentation) dan lain-lainnya secara online dengan cara membuat, mengedit dan mem-publish data. selain gratis keunggulan lainnya yaitu setiap user di berikan 1 GB untuk media penyimpanan data.

kelebihan lainnya:

  • google docs bekerja secara real time
  • pengguna dapat mengakses dimanapun asalkan dapat terhubung pada internet.
  • lintas sistem oprasi. jadi tidak di khususkan untuk PC/leptop dan sistem oprasi tertentu.
  • mudah mengunggah dan berbagi file
  • tidak seperti dropbox dimana pengguna harus menginstal terlebih dahulu baru dapat memakainya, pada google docs kita langsung di suguhkan untuk langsung memakainya.
  • dan di bandingkan dengan dropbox lagi, google docs dapat mengedit secara langsung tanpa harus mengunduh terlebih dahulu.
kekurangan:
  • jika di bandingkan dropbox, kapasitas peggunggahan dokumen pada google docs terbilang sedikit.
  • kita tidak bisa mengedit data secara offline 
  • untuk share data google doct belum memiliki fasilitas share pada media sosial seperti facebook atau twitter
1. lanjut untuk cara menggunakan Google Docs:pertama, kalau kita belum mengerti alamat google docs, maka kita cari saja di google dan tuliskan Google docs maka akan keluar pilihan-pilihan seperti di tunjukan gambar berikut.

2. setelah itu kita masuk dengan cara masukan email dan password pada kolom yang telah di tentukan. namun bila kita belum memiliki akun gmail maka kita di haruskan membutnya terlebih dahulu. caranya dengan mengeklik pada tulisan daftar pada pojok kanan atas.

3. isi seluruh perintah yang harus di isikan. tandai pada kolom akhir yaitu "saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google" lalu klik langkah berikutnya.


5. setelah semua rangkaian selesai, dan kita kinfirmasi lewat gmail. selanjutnya kita sudah dapat menggunakan google doc dengan masuk pada kolom masuk. isikan email dan password kita lalu masuk.

6. setelah kita masuk maka akan tampil layar seperti berikut. contoh gambar yang saya tampilkan ini sudah memikiki perubahan sebab pada awalnya tidak ada folder serta dokumen yang dibuat atau hanya kosongan.

7. berikutnya cara membuat data pada google doc. caranya dengan memilih pilihihan "buat" maka akan muncul berbagai pilihan data. misalnya kita ingin membuat dokument kita pilih lembar kerja dokument 

8. maka akan muncul lembar kerja seperti MS word.  jangan lupa beri judul terlebih dahulu lalu ketikan yang kita ingin ketikan misalkan kita tuliskan seperti di bawah ini.

9. setelah itu save dengan cara klik bagikan pada kanan atas maka akan tampil pertintah seperti gambar dibawah ini. tujuan kita kali ini adalah share data maka kita ubah dahulu perintah akses pribadi yang di tunjukan lalu ganti pilihan "public" atau "siapa saja yang dapat melihat tautan".  

10. misalka kita pilih "siapa saja yang dapat melihat tautan". disini kita pula dimudahkan dengan adanya pilihan akses nya. bila ini adalah pekerjaan kelompok atau bersama maka kita pilih yang "dapat mengedit". kalau ini sebuah laporan atau sejenisnya kita pilih yang "dapat mengkomentari", namun bila kita tidak keduanya hanya untuk berbagi saja maka kita pilih yang "dapat melihat" saja. lalu klik "simpan"

11. setelah kita menyeting akses untuk share-nya, pada layar yang ditandai di bawah ini. kita ketikan satu-persatu sapa saja yang kita undang. untuk maksimal undangannya tidak terbatas jadi kita dapat mengundang sebanyak mungkin teman kita yang ingin share-kan . setelah itu klik bagikan dan simpan

12. maka hasilnya akan tampil seperti pada gambar dibawah ini. 
13. kalau tadi merupakan cara membuat data lalu di share-kan, kali ini saya akan menjelaskan cara upload data pada google docs lalu kita share-kan. caranya hampir sama. kita lihat pada kiri atas terdapat terdapat tanda panah ke atas atau kita lihat pada gambar berikut ini. kita klik saja lalu terdapat pilihan.

14. misalkan yang ingin kita unggah adalah sebuah dokument, presentasi atau spreadsheed maka kita pilih "file.." namun bila yang ingin kita ungggah adalah sebuah folder maka pilihlah "folder..". di sini saya mencontohkan cara mengunggah file MS word. pilih data lalu tunggu hingga upload data selesai atau seperti di tunjukan pada gambar berikut.

15. jangan lupa ubah data agar dapat diedit pada google docs dengan cara pada tanda lingkaran pada gambar di bawah lalu kita ubah ke bentuk document. atau kalau kita hanya ingin meng-share saja kita dapat merubah formatnya dalam PDF.

16. sama seperti sebelumnya, disini kita dimudahkan dengan cara mengeklik kanan pada document atau data yang ingin kita share-kan lalu pilih yang bagikan

17. langkah selanjutnya sama seperti kita meng-share saat kita membuat document.

selamat mencoba












































Tidak ada komentar:

Posting Komentar